Rabu, 25 April 2018

BERMACAM JENIS KAIN PRINT


Manusia adalah mahluk yang unik , mempunyai keinginan, harapan dan eksistensi yang tinggi, begitu juga dengan barang – barang unik, pasti mempunyai tempat tersendiri . Untuk itulah dunia fashion semakin melirik ke kain custom print, dan paling berkembang sampai saat ini adalah print sublime kain.

mesin printer
mesin Print DTG sumber https://lapakrazi.com
 Berbeda dengan Print DTG ( Direct To Garment ) , proses Print sublim harus melalui 2 tahapan. Pertama print di kertas transfer dan kedua, gambar akan di ‘press’ di mesin press kain. Dengan begini hasil print akan lebih optimal, awet ( tidak luntur ) dan tinta menyerap ke dalam kain .

mesin printer
mesin print sublim medium sumber http://www.printexmag.com

Kain yang digunakanpun bermacam-macam. Dengan syarat kain harus mempunyai unsur serat polyester agar tinta bisa menyerap ke dalam serat kain.  Semakin tinggi kandungan polyester dalam kain tersebut. Hasil print akan semakin terang dan tajam. Sebaliknya, bila kandungan polyester dalam kain tersebut hanya sedikit, hasil print akan cenderung blur dan luntur. Karena inilah, sampai sekarang kain katun dengan unsur serat katun 80%-100%, belum bisa di print menggunakan mesin print sublim.
Selain itu, bahan kain yang digunakan untuk print lebih baik berwarna putih polos atau putih Broken White polos, agar warna tinta terlihat optimal.

Contoh kain yang bisa di print, dan dapat mudah di temukan di toko kain adalah:


1. Kain Satin 

2. BSY ( BE ES WAY /Bowden )

3. Scuba

4. Kain Crepe 

5. Balotelli 

6. Roberto Cavali / cavali 

7. Kanvas linen  

8. Kanvas polyester 

9. Kanvas Waterrepelent  

10. Sifon Ceruti  

11. Yelvo 

12. Organdi  

13. Spandek 

14. Dryfit 

15. Aglatex 

16. Axtatex 

17. Blacu 

18. Drill 

19. Microfiber 

20. Sthenolid 

21. Tulle 

22. Twitex 

23. Voile (Voal )

24. Westex

25. Woll Peach


Masih banyak kain lainnya yang bisa di print. Tetapi sebagian besar belum tersedia di toko kain. Bilapun tersedia, namanya di toko kain juga bermacam-macam. Ada baiknya untuk meminta test print terlebih dahulu agar bisa mendapatkan bahan kain dan hasil print yang diinginkan


 

  





Tidak ada komentar:

Posting Komentar